Sejarah dan Fakta Maqam Ibrahim

Maqam Ibrahim, Travel Umroh Murah

Sejarah dan Fakta Maqam Ibrahim

Travel Umroh Murah. Menurut sejarah islam, maqam Ibrahim berarti tempat berdiri name Ibrahim yang ditandai sebuah batu. Pada batu ini terdapat bekas telapak kaki nabi Ibrahim yang digunakannya untuk memanjat saat membangun ka’bah atas perintah allah. Ia dibantu puteranya, nabi ismail. Jadi, makam Ibrahim bukan sebuah kuburan, melainkan bekas tempat pijakan.

Nabi Ibrahim membangun ka’bah dengan tangannya sendiri dengan bebatuan yang dibawa nama ismail. Setiap kali bangunan ka;ba bertambah tinggi, maka semakin tinggi pula tempat pijakan nabi Ibrahim. Travel Umroh Murah.

Saat hampir selesai membangun ka’bah, nabi Ibrahim merasa ada yang kurang pada ka’bah. Kemudian ia memerintahkan puteranya, “pergilah engkau mencari sebuah batu yang paling baik, yang akan ku letakkan di ka’bah sebagai penanda bagi manusia.’’ Kemudian jibril datang pada ismail, dan memberinya batu yang dinamai hajar aswad.

Dua Buah Permata dari Surga

Maqam Ibrahim - Travel Umroh Murah

Maqam Ibrahim – Travel Umroh Murah

Dari atas maqam inilah nabi Ibrahim menyeru manusia agar datang menunaikan ibadaha haji. Travel Umroh Murah. Ibnu abbas ra menuturkan, “tak ada sesuatu pun dibumi ini yang berasal dari surge kecuali rukun (hajar aswad) dan maqam. Sesungguhnya keduanya adalah dua buah permata dari surga.”

Saat memasuki masjidil haram, jamaah dengan Mudah menemukan maqam Ibrahim karerna posisinya dilalui saat melakukan thawaf. Maqam tersebut dilindungi rumah kaca yang terletak lebih kurang 20 hasta disebelah timur ka’bah. Didalamnya terdapat cetakan kaki dari besi. Atas perintah khalifah al mahdi al abbasi di sekeliling batu maqam Ibrahim itu telah diikat dengan perak dan dibuat kandang besi berbentuk sangkar burung. Travel Umroh Murah.

Rumah kaca dibangun sengaja untuk menghindari kerusakan dan sesembahan kaum musyrikin. Jika keberadaan hajar aswad dihormati dengan mencium dam mengusapnya, maka maqam Ibrahim dihormati dengan shalat sunnah di belakangnya.

Saat ini maqam Ibrahim selalu dijaga petugas untuk mengawasi jamaah agar tidak berdoa di depannya. Setiap jamaah yang menyembah atau berdoa di maqam Ibrahim langsung dihalau petugas untuk menjauh. Petugas biasanya member himbauan bahwa maqam Ibrahim hanya sebatas dilihat dan bukan disembah.

Keutamaan Maqam Ibrahim

Sesungguhnya keberadaan maqam Ibrahim memiliki beberapa keutamaan yaitu sebagai tempat shalat sunnah setelah jamaah menunaikan thawaf tujuh putaran dan sebelum menuju bukit shafa dan marwah. Travel Umroh Murah. Sebelum dan sesudah shalat sunnah dibelakang maqam Ibrahim terdapat doa khusus sebelum memanjatkan doa sesuai keinginan. Tempat ini pula menjadi keutamaan umat islam karena menjadi salah satu lokasi yang mustajab untuk memanjatkan doa kepada Allah swt selain multazam dan hijr ismail.

Shalat sunnah dan berdoa di belakang maqam Ibrahim diyakini sangat mustajab. Saat musim haji banyak jamaah terlihat khusyu’ melaksanakan shalat dan berdoa setiap waktu di belakang maqam Ibrahim. Tak jarang, saat menunaikan shalat sunnah dan berdoa, jamaah menitikkan air mata mengagumi kebesaran Allah swt.

Travel Umroh Murah. Menurut sejarah, tapak kaki nabi Ibrahim mirip dengan tapak kaki nabi Muhammad. Bentuk tapak kaki di maqam Ibrahim memiliki kedalaman yang berbeda. Satu bagian sedalam 10 cm, satu bagian lagi sedalam 9 cm dengan panjang 22 cm dan lebar 11cm. berdasarkan ukuran tersebut, ahli sejarah islam sheikh mohd tahir al kurdi memperkirakan bahwa nabi Ibrahim memiliki ukuran tubuh yang lebih kurang sama dengan kebanyakan manusia saat ini.

Sumber: Media Referensi Haji dan Umrah Indonesia, Thawaf Magazine.

Aswaja Syariah Travel, Makkah, Makkah Al Mukaramah, Mekah, paket umroh murah, paket umroh murah bekasi, paket umroh murah jakarta, Tanah Haram, Tanah Suci, travel umroh murah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *