Mengenang Sejarah Gua-gua Di Kota Mekah

Mengenang Sejarah Gua-gua Di Kota Mekah

Gua Tsur Tempat Persinggahan Rasulullah

Selain Arafah, Muzdalifah, dan Mina yang dijadikan tempat prosesi ibadah haji, anda yang berada di kota Mekah dapat juga mengunjungi Gua Tsur yang terletak di Jabal Tsur/Gunung Tsur. Travel Umroh Murah. Tidak ada keutamaan apapun yang dapat kita peroleh dari mengunjungi tempat ini, karena perjalanan mengunjungi  daerah ini hanyalah untuk mengenang sejarah.

Mengenang Sejarah Gua Tsur

Terletak 50 km arah selatan dari Masjidil Haram, gunung ini hanya memiliki 748 m dari permukaan laut, atau 458 m dari permukaan tanah. Gua tempat persembunyian Rasulullah dan Abu Bakar selama 3 hari ini menjadi tempat terakhir yang disinggahi Rasulullah sebelum hijrahnya menuju Madinah. Travel Umroh Murah.

Jabal Nur - Travel Umroh Murah

Jabal Nur – Travel Umroh Murah

Jika dilihat dari peta,  sejatinya Gua Tsur berada di selatan dari kota Mekah, sedangkan Madinah berada di arah utara. Kejadian hijrahnya nabi sehingga beliau singgah di Gua Tsur ini benar-benar telah membuat masyarakat Quraisy terkecoh.

Travel Umroh Murah. Karena terdengar begitu kabar hijrahnya Rasul dan masyarakat kafir quraisy berbondong-bondong untuk mencarinya, sebagian besar dari mereka mencarinya selama 3 hari menggunakan kuda-kuda terbaik dan tercepat yang dimilikinya kearah utara, menuju kota Madinah.

Dan hanya sebagian dari mereka yang dapat dikatakan ‘iseng’ mencarinya kearah selatan. Wajar saja, layaknya orang yang ingin menempuh perjalanan menuju ke utara dia tidak akan berjalan ke selatan, ssebagaimana seorang dari semarang ketika ingin bepergian ke Jakarta tidak akan menempuh perjalanan kearah Jepara terlebih dahulu. Travel Umroh Murah. Namun justru inilah yang ditempuh Rasulullah, kecerdasannya telah mengecoh perhatian kafir Quraisy. Dan inilah tempat terakhir yang disinggahi beliau sebelum hijrah ke Madinah.

Gua Hira, Gunung Cahaya.

Gua Hira. Letaknya ada di Jabal Nur/Gunung Nur yang berada 5 km sebelah timur laut dari Masjidil Haram. Dahulu gunung ini pun dinamakan Jabal Hira/Gunung Hira, namun beberapa puluh tahun terakhir ini masyarakat lebih mengenalnya dengan sebutan Gunung Nur. Travel Umroh Murah.

Konon penamaan ini disandarkan dari kebiasaan warga Mekah ketika pagi dan sore hari. Sebagai gunung tertinggi di kota Mekah, dikala pagi gunung ini menjadi tempat pertama terkena sinar matahari. Dan dikala sore, gunung ini pula yang menjadi tempat terakhir yang terkena sinar matahari. Karena cahaya matahari itulah orang menyebutnya sebagai Gunung Cahaya, Jabal Nur.

Gua Hira, Travel Umroh Murah

Gua Hira, Travel Umroh Murah

Namun ada pula warga yang mengatakan mengapa gunung ini dinamakan sebagai jabal nur, yakni karena disinilah wahyu pertama diturunkan. Dari wahyu itulah yang menjadi cahaya bagi umat islam. Wallahu Ta’alam.

Travel Umroh Murah. Gunung tertinggi di kota Mekah ini benar-benar menjadi saksi sejarah dimana wahyu pertama kali turun kepada Rasulullah. Di gua yang letaknya di puncak gunung ini dahulu Rasulullah kerap menyendiri hingga malaikat mendatanginya dan menyampaikan wahyu dari Allah.

Sekalipun sepi, tidak seramai Jabal Rahmah di Arafah, gunung ini kerap dikunjungi para peziarah. Tidak ada apapun keutamaan di gunung ini, waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke puncaknya lebih kurang 4 jam.

Jangan takut akan perbekalan anda ketika mendaki gunung ini, karena di beberapa pos jalur pendakiannya terdapat warung-warung yang menjual makanan ringan, bahkan aneka minuman dingin yang tersimpan dikulkas semuanya tersedia lengkap dalam warung tersebut. Dan ketika anda telah sampai pada puncaknya, dari muka gua anda dapat melihat kota Mekah dengan pemandangan yang mengagumkan. Travel Umroh Murah

Sumber: Jauhary, Rafiq. 2014. Menjadi Muthawif Anda di Tanah Suci. Nur Cahaya Ilmu.

Aswaja Syariah Travel, Makkah, Makkah Al Mukaramah, Mekah, paket umroh murah, paket umroh murah bekasi, paket umroh murah jakarta, Tanah Haram, Tanah Suci, travel umroh murah, gua tsur, gua hira, tempat persinggahan nabi, Kota Mekah

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *