Masjid Nabawi Kemegahan yang Mempesona

masjid-nabawi-travel-umroh-murah

Masjid Nabawi Kemegahan yang Mempesona

Disebut masjid nabawi karena nabi Muhammad saw selalu menyebutnya ‘masjidku’. Beliau turut membangun dengan tangannya sendiri, bersama para sahabat dan kaumm muslimin [Muhajirin dan anshar]. Kini masjid megah ini berdiri kian mempesona tiap mata yang memandang. Keeksotisan didalam masjid ini bak selalu mengundang kita untuk terus mendatanginya. Travel Umroh Murah.

Atap Daun Kurma

Dalam perjalanan hijrah dari Mekkah ke Madinah, Nabi saw mendirikan masjid Quba. Masjid nabawi adalah masjid kedua yang dibangun beliau. Dibangun sesampainya di Madinah, lokasi masjid ini tepat bersebelahan dengan tempat unta tunggangan nabi saw menghentikan perjalanannya.

Travel Umroh Murah. Lokasi itu adalah semula tempat penjemuran kurma milik anak yatim dua bersaudara Sahl dan Suhail bin ‘amr, yang kemudian dibeli Rasulullah saw untuk dibangunkan masjid dan tempat kediaman beliau. Tanah tersebut dibeli hanya 10 dirham.luasnya hanya sekitar 50 m x 50 m.

Bersama kaum muslimin, rasulullah saw ikut memindahkan batu-batu untuk membangun masjid. Saat itu pintunya dibangun tiga buah: sebuah pintu di bagian belakang masjid [kini menjadi kiblat], pintu kedua dikenal dengan Babu Al-Rahmah dan pintu ketiga adalah Babu Jibril. Saat itu kiblatnya masih ke bait al-Maqdis. Travel Umroh Murah.

Tembok di keempat sisi masjid ini terbuat dari batu bata dan tanah. Atapnya dari daun kurma dan tiang-tiang penopangnya daro batang kurma. Sebagian atapnya dibiarkan terbuka begitu saja. Selama Sembilan tahun pertama,masjid ini tidak menggunakan penerangan di malam hari. Hanya diwaktu isya, diberi sedikit penerangan dengan membakar jerami.

Pada salah satu sisi masjid, dibangun kediaman Rasulullah saw. Rumah nabbi ini tidak seberapa besar dan tidak lebih mewah dari keadaan masjidnya. Layaknya rumah, tentu saja lebih tertutup. Salah satu bagian masjid nabawi yang terkenal adalah Raudhah [Taman Surga], yangterletak diantara mimbar dengan pintu rumah, yang kini jadi makam rasulullah saw.

Makin Megah dan Mempesona

Pesona Masjid Nabawi, Travel Umroh Murah

Pesona Masjid Nabawi, Travel Umroh Murah

Travel Umroh Murah. Renovasi pertama dilakukan khalifah umar bin khathab ditahun 17 H, dan yang kedua oleh khalifah ustman bin affan ditahun 29 H. di zaman modern, raja abdul aziz dari kerajaan Saudi Arabia juga meluaskan masjid ini, kemudian dianjurkan penerusnya. Raja fahd di tahun 1414 h. kemudian, pada masa dinasti umayyah berkuasa, khalifah al-walid memerintahkan para arsitek dan insinyur arab melakukan perluasan dan restorasi fisik bangnunan masjid nabi, istilah lain dari masjid nabawi.

Meski bentuk dasar aslinya dipertahankan, namun mihrab pada dinding bagian selatan [arah kiblat] akhirnya dimodifikasi melalui sentuhan kreasi tangan0tangan seniman ukir pada masa itu. Masjid ini jelas memiliki charisma tersendiri dimata para dinasti penguasa islam. Hampir semua dinasti yang berkuasa mengambil prakarsa untuk melakukan pemugaran masjid, lalu dibangun kembali dengan perluasan. Travel Umroh Murah.

Kini masjid ini berdiri megah nan mempesona. Kubah dan paying peneduh jamaah berteknologi tinggi, juga dekorasi ukiran kayu, marmer dan logam pada jendela,pintu, tiang, dikerjakan dengan sangat  teliti dengan tingkat presisi yang sangat tinggi.

Masjid nabawi dalam angka

Satu Juta Jamaah

Saat perluasan oleh raja fahd di tahun 1414 H, luas bangunan masjid hampir mrncapai 100.000 m2, ditambah dengan lantai atas yang mencapai luas 67.000m2 dan pelataran masjid yang digunakan untuk shalat seluas 135.000 m2, maka masjid nabawi dapat menampung sekitar 535.000 jamaah. Kini, apabila halaman masjid dipenuhi jamaah shalat, maka masjiid nabawi dan halamannya dapat menampung 650.000 jamaah pada musim biasa [low seasen] dan lebih dari satu juta jamaah pada musim haji atau bulan ramadhan [high season].

27 Kubah, 80 Ton Baja, dan Beton

Travel Umroh Murah. Untuk pengaturan udara dalamm bangunan yang sedemikian besar dan luas, dibuatlah 27 ruang terbuka dengan ukuran masing-masing 18×18 m. sebagai atap dibuat atap yang dapat dibuka dan ditutup scara elektronik dan dapat juga seara manual. Setiapkubah memiliki berat 80 ton terbuat dari kerangka baja dan beton yang  dilapis kayu pilihan dengan hiasan ukiran bertahtakan batu mulia sejenis phyrus yang sangat indah, sedangkan bagian luar atasnya dilapis dengan keramik tahan panas.

Menara 104 meter

Dipuncak setiap menara yang berketinggian 104 m ini terdapat ornament bulan sabit dari bahan perungggu yang dilapisi emas murni 24 karat dengan tinggi 7 m dan berat 4,5 ton. Pada ketinggian 87 meter dipasang sinar laser yang memancarkan cahaya kea rah mekkah sejauh 50 km, untuk menunjukkan arah kiblat dinyalakan pada saat-saat tertentu [waktu shalat]. Kini masjid Nabawi memiliki 10 menara yang bagus dan mahal. Travel Umroh Murah.

Payung Raksasa, Travel Umroh Murah

Payung Raksasa, Travel Umroh Murah

550 kamera Pengintai

Teknologi peralatan modern dan canggih juga diterapkan untuk keamanan masjid ini. Masjiid nabawi dipasangi 550 lebih kamera pengintai yang akan mendeteksi segala jenis kegiatan, baik diluar atau didalam masjid. Semua kegiatan yang ada di luar dan dalam masjid nabawi bisa langsung diawasi di sebuah ruang [control room]. Alat canggih lain contohnya adalah peralatan yang mampu mendeteksi nomor plat mobil pejabat yang datang menuju arah masjid dari jarak 10 km.

12 Payung Rakasasa

Pada bagian tengah masjid nabawi terdapat dua ruang terbuka yang setiap ruang dilengkapi enam buah paying artistic, hasil perpaduan arsitektur modern dan teknologi canggih. Dengan dukungan dana yang tidak sedikit lahirlah sebuah karya yang patut dibanggakan berupa 12 payung raksasa peneduh panas yang dapat terbuka dan tertutup secara otomatis yang diatur sistem computer. Selain itu melalui sebagian batang tubuhnya dipasang AC yang secara otomati pula memancarkan hawa dingin. Travel Umroh Murah.

Sumber: Media Referensi Haji dan Umrah Indonesia, Thawaf Magazine.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *