Masjid-masjid Di Sekitar Pusat Kota Makkah

Masjid Jiranah, Travel Umroh Murah

Masjid-masjid Di Sekitar Pusat Kota Makkah

Masjidil ji’ranah

Travel Umroh Murah. Ji’ranah terletak 21 km di arah timur laut dari pusat kota Mekah. Disinilah dibangun sebuah mesjid yang dikenal dengan nama “Masjid Ji’ranah”. Masjid ini dibangun untuk mengenang pasukan kujahidin yang dipimpin oleh Rasulullah. Mereka menjadikan daerah ini sebagai tempat singgah selama tiga hari setelah memenangkan perang Hawazin atau juga dikenal sebagai Perang Hunain.

Daerah ini juga dikenal karena memiliki mata air yang cukup besar dan bersih, oleh karenanya Rasulullah pun memilih tempat ini sebagai tempat persinggaan dan tempat membagi harta rampasan perang. Selepas membagi rampasan harta perang beliau beserta mujahidin menyempatkan diri untuk beribadah umroh dan menjadikan Ji’ranah ini sebagai tempat untuk berihram. Travel Umroh Murah.

Tak hanya itu, beberapa ulama seperti Imam Ahmad bin Hanbal, Imam Syafi’I, dan Imam Malik menganjurkan bagi para penduduk Mekah untuk mengambil ihram dari daerah ini sebagaimana Rasulullah pernah mengambil ihram darinya.

Namun kabarnya, kini sumur mata air ji’ranah telah ditutup oleh pihak yang bertugas dikarenakan terjadi banyak penyelewengan oleh sebagian peziarah. Sebagian dari mereka meyakini bahwa air dari sumur ji’ranah jika diminum akan menyembuhkan orang yang sakit atau dapat mendatangkan barakah. Travel Umroh Murah. Maka berdasarkan laporan dari para ulama dan banyak pihak mata air ini ditutup untuk menghindari praktik syirik yang terjadi pada para peziarah.

Untuk menziarahi tempat ini sebagian besar travel perjalanan haji dan umrah atau KBIH telah memberikan fasilitas gratis bagi para jamaahnya untuk mengadakan city tour bebarengan dengan ziarah masyair meliputi (Jabal Tsur, Arafah, Muzdalifah, Mina Ji’ranah, dan jabal Nur). Namun bagi anda yang tidak mendapat kesempatan menziarahinya, anda dapat mendatanginya sendiri dengan menyewa sebuah taksi biaya berkisar antara SR 80 untuk pulang pergi dari dank e pusat kota Mekah.

Masjidil Jin

Masjid Jin Makkah, Travel Umroh Murah

Masjid Jin Makkah, Travel Umroh Murah

Masjid Jin terletak di pinggir daerah Hujun, dekat dengan Ja’fariyah atau 2 km arah utara dari masjidil Haram. Masjid ini dikenal karena tempat inilah sahabat nabi bernama Abdullah bin Mas’ud pernah dikepung oleh jin yang berjumlah banyak.

Travel Umroh Murah. Diceritakan dalam hadits Hasan Riwayat Ahmad dan Tirmidzi sebagaimana disebutkan syaikh Syafiyurahman Al-Mabarakfuri pada suatu hari rasulullah mengajak Abdullah bin mas’ud ke suatu daratan kemudian membuat sebuah lingkaran besar. Rasulullah memerintahkan Abdullah bin Mas’ud memasukinya dan membacakan surah Jin hingga selesai, sementara Rasulullah pergi meninggalkannya.

Tak berselang lama, muncul beberapa makhluk yang tak dikenal berusaha melukai Ibnu Mas’ud. Namun mereka tak dapat masuk kedalam lingkaran yang sebelumnya telah digaris oleh rasulullah. Setelah usai membaca surah tersebut, makhluk itu pun pergi. Travel Umroh Murah.

Tidak berselang lama setelah mereka pergi, Rasulullah datang dan mengatakan, “sunggu tadi malam mereka telah menyakitiku,” ucap rasul sambil bersandar dip aha Ibnu Mas’ud  hingga tertidur.

Masjid Aisyah

Masjid Tanim, Travel Umroh Murah

Masjid Tanim, Travel Umroh Murah

Namanya adalah Masjid Aisyah. Masjid besar yang terletak di daerah Tan’im (batas Tanah Suci Mekah terdekat dari Masjidil Haram) ini memiliki sejarah yang cukup masyhur.

Travel Umroh Murah. Cerita tersebut terjadi pada saat Haji Wada dimana rombongan umat islam dari Madinah mengerjakan haji dengan Tamatu’ dan sebagian lagi mengerjakan dengan Qiran. Selepas menjalankan ibadah haji, istri Rasulullah Aisyah binti Abu Bakar mengadukan sesuatu yang mengganjal hatinya. Beliau mengatakan “wahai Rasulullah, setiap orang pulang dengan membawa pahala haji dan umrah, sementara diriku pulang hanya dengan membawa pahala haji…”

Peristiwa tersebut terjadi dikarenakan ketika umat islam mengerjakan ibadah umrah, Aisyah ketika itu sedang haidh sehingga tidak bisa ikut bersama rombongannya menjalankan ibadah umrah.

Mendengar hal itu aka Rasulullah pun kemudia meminta Abdurahman (saudara dari Aisyah) untuk mengantarnya menuju Tan’im guna mengambil ihram ibadah umrah. Maka Aisyah pun ketika itu menjalankan umrah, sedangan Abdurahman tidak, karenaia hanya mengantarkan saudarinya hingga ke Tan’im.

Dari peristiwa inilah maka tempat dimana Aisyah mengambil ihram kini didirikan sebuah masjid besar, dan dinamainya Masjid Aisyah. Travel Umroh Murah.

Untuk menuju tempat ini anda dapat menggunakan minibus yang banyak standby diarah bbelakang hotel Darut Taqwa atau searah dengan pintu King Fahd dan pintu umrah MasjidilHaram, juga ada sebagian lagi yang standby di jalur ghazah. Tariff menuju Tan’im menggunakan angkutan umum adalah 2 hingga 5 riyal. Namun bagi yang menginginkan kendaraan yang lebih baik, anda dapat menggunakan taksi dengan tariff 10 riyal setiap orang.

Selain minibus dan taksi, kerajaan Arab Saudi pun sejatinyatelah menyediakan shuttle bus SAPTCO menuju ke Tan’im dengan tariff yang telah diaptok hanya 2 riyal saja. Mendapatkannya pun Mudah, anda hanya perlu menuju terminal SAPTCO yang terletak di Ghazah atau di arah Hafair. Travel Umroh Murah.

Sumber: Jauhary, Rafiq. 2014. Menjadi Muthawif Anda di Tanah Suci. Nur Cahaya Ilmu.

 

Aswaja Syariah Travel, paket umroh murah, paket umroh murah bekasi, paket umroh murah jakarta, travel umroh murah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *